Jumat, 20 Juli 2012

Taujih_2

Jumat, 6 Juli 2012, saat mengantar adek ke sebuah pesantren di Jawa Tengah..
Memasuki asrama putri, subhanallah ruangan yang sangat sederhana, mungkin inilah yang kemudian para santri diajarkan untuk zuhud dan belajar kekeluargaan :)

Aku memandangi dinding di ruang utama, sepertinya memang digunakan untuk sholat berjama'ah, mengaji, makan bersama, ataupun hal-hal lain sebagai sarana untuk menambah tsaqofah dan meningkatkan rasa moroqobah ilallah..
Dan akupun terpesona saat membaca bebarapa baris kalimat di dinding itu, rasanya makjleb :D

ini dia:

"Jangan terpesona oleh wajah dunia yang merona. Hiduplah cahaya keyakinanmu, maka engkau akan melihat betapa semua yang tampak dihadapanmu adalah fana. Waktu berjalan begitu cepat dan akhiratpun begitu dekat. Lihatlah dunia ini lebih cermat maka hatimu tak kan tergoda dan terpikat. Semua keindahan dunia ini semu, wajarlah bila engkaupun mudah jemu. Jadikan Allah sebagai tujuanmu agar langkahmu makin cepat. Janganlah pernah hadir di hadapanNya terlambat sebab cahaya kehidupanmu bisa terhambat"

"Renungkanlah! Setiap kesempatan isilah dengan perilaku yang menyehatkan. Engkau abai bila membiarkan waktumu bebas lepas. Engkau lemah bila hanya sebab sedikit rintangan engkau tak berani hadapi tantangan. Benahi dirimu segera agar kekecewaan dan kegelisahan tak mendera. MenghadapNya tak butuh berhitung, sebab kemurahanNya juga tak terhitung. MenemuiNya tak perlu waktu luang sebab setiap saat Dia datang. Yang menyibukkanmu adalah yang mengkhawatirkanmu. Yang menghalangimu adalah kebiasaanmu sendri. Pertemuan denganNya padahal tak pernah menyita waktu banyak sebanyak kesibukanmu dengan selainNya. Engkau hanya malas hingga engkau tak menganggap waktumu luas. Engkau hanya enggan hingga rintangan kecil saja membuatmu tak bangkit dan bersegera meniti perjalanan. Berdzikirlah!"

Subhanallah, kata-kata yang begitu indah.. penuh inspirasi, sarat makna dan semangat yang menggelorakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar