Jumat, 30 September 2011

laa yukallifullahu nafsan illa wus'ahaa.. percaya deh ^^

"uhh.. aku lagi..aku lagi.. emang gak ada orang lain apa?? aku nggak kuat, masih banyak amanah ni.."

-----

"mmmm.. harus aku ya? aku kurang berpengalaman, yang lain aja deh.. dia lebih cocok daripada aku kayaknya"

-----

"hwaaaahhh.. selalu kayak gini.. udah deh, panitia dibubarin aja!!"

-----

"capek tau kalo gini terus.. kerja sendiri.. yang lain gak pada peka!!"

-----


OH NO!!

hayoo ada yang pernah mengeluarkan kata-kata di atas? wah ati-ati deh. virus-virus ganas sedang mendekatimu.
(saya juga pernah dink ngomong salah satu kalimat di atas, tapi abis itu nyesel sih.. hehe)

kawan.. memang, kadang kita menjumpai kondisi yang tidak sesuai dengan expectasi kita. kita pengennya begini, eh ternyata yang terjadi adalah begitu. atau, kita yang merasa lemah (tidak mampu) eh ternyata justru diberi Allah suatu amanah yang berat (menurut kita). tapi tahukah kawan? sesungguhnya setiap apapun yang terjadi pada kita, semuanya, sudah diperhitungkan oleh Allah. masak sih? ya iya donk.. yup, Allah tahu kadar kemampuan yang kita miliki. misalnya nih, ada suatu amanah dateng pada kita, eh kita-nya ngerasa nggak mampu, (dan yang urgent ni amanah umat bos!) haduh garuk-garuk kepala, jangan donk! jangan saya! yang lain yang lebih berkapasitas! gleekkk! -contoh kasus aja nih- hemmm tahu kah kawan, itu minder namanya. padahal kita sudah dipercaya mengemban amanah itu, karena bisa jadi penilaian orang lain lebih baik dari pada penilaian kita sendiri terhadap diri kita.
contoh lain deh, dalam sebuah agenda suatu organisasi (buat kawan2 yang organisatoris boleh deh), tugas yang diemban terlalu banyak, aduh yang lain kemana sih? capek tauu ngerjain sendiri, aku kan juga pengen istirahat.. wah kalo ngeluh gini terus malah tambah capek bos.. dibuat ringan aja, slow aja lah.. anggap aja tugas itu sarana untuk mendewasakan kita.. kalo gak ada tugas "berat" kan nggak seru.. hehe :D
contoh lain lagi, dalam kehidupan sehari-hari aja, misal lagi ada masalah.. ya Allah, kenapa aku harus dihadapkan dengan masalah seperti ini terus? aku nggak kuat ya Allah, aku nggak tau harus bersikap seperti apa, semuanya tersa berat dan menyakitkan.. oh oh, tenang kawan, Allah pasti mendengar doa mu, ayo jangan terlalu larut dalam kesedihan, kamu harus bangkit dari keterpurukan. Allah ingin lihat kamu tegar, jika kamu menghadapi masalah yang sama terus menerus berarti kamu belum lulus dalam ujian yang serupa. percayalah kamu bisa menghadapi segala tantangan (ubah persepsi masalah menjadi suatu tantangan) !!
dan Allah Maha Mengetahui segalanya. Allah tahu kemampuan kita sejauh mana, dan amanah yang diberkan kepada kita tidak akan mungkin melebihi batas kemampuan kita, kalo bahasa arabnya (ada di Al-Quran juga nih), laa yukallifullahu nafsan illaa wus'ahaa, percaya deh.. asal kita mau berusaha dan ikhlas menghadapi semuanya akan terasa indah dan ringan.. ^^

2 komentar:

  1. lebih baik judulnya(ayatnya) ditulis pake arab aja kaleeee.......'''

    BalasHapus
  2. Penjelajah Dunia Cyber:
    nulisnya dadakan sih, hehe..
    but terimakasih atas komentarnya^^

    BalasHapus